Beranda > Info Penyakit > Gizi Untuk Balita > gizi bayi

Gizi Untuk Balita > gizi bayi

7 Februari 2011

Selama tahun kedua kehidupan, anak-anak menunjukkan minat lebih dan lebih dalam makanan, tetapi orang tua mungkin melihat bahwa mereka makan lebih sedikit atau lebih pemilih tentang apa yang mereka makan. Tingkat pertumbuhan lambat pada saat ini dan banyak balita tampaknya makan lebih sedikit dibandingkan dengan tahun pertama kehidupan. Mereka diajarkan untuk makan sehat, makanan segar akan lebih cenderung memilih makanan ini seumur hidup.

Memperkenalkan susu sapi

Anak-anak pada usia ini biasanya akan ingin makan apa yang orang-orang di sekitar mereka makan dan menjangkau dan mengambil makanan dan minuman. Oleh karena itu kesempatan yang sempurna dan sangat penting untuk menetapkan contoh yang baik saat ini, anak Anda juga akan membuat transisi dari ASI atau susu formula bayi terhadap susu sapi keseluruhan dan harus minum dari cangkir daripada botol. langit-langit mulut mereka memperluas siap untuk tekstur baru, warna, dan rasa, dan itu adalah waktu yang tepat untuk menawarkan berbagai makanan sehat, tidak hanya untuk tiga kali makan sehari, tetapi juga untuk makanan mereka.

Mulai sekarang kebiasaan baik

Kebiasaan makan yang terbentuk dalam dua tahun pertama kehidupan diperkirakan bertahan selama bertahun-tahun, jika tidak untuk hidup, sehingga sangat penting untuk membangun kebiasaan sehat sedini mungkin.

Anak-anak mulai mengekspresikan preferensi pribadi pada usia dini. Orang tua harus membimbing pilihan yang sehat anak makanan dan biarkan anak untuk menentukan apa dan berapa banyak dia ingin makan.

Pada waktu, mungkin tampak bagi Anda bahwa anak Anda tidak makan makanan yang cukup. Tapi memaksa anak untuk makan sesuatu yang mereka tidak ingin membuat mereka keras kepala tentang kebiasaan makan mereka. Dengan membiarkan kemerdekaan beberapa pada usia ini Anda akan membantu meringankan masalah makan di masa mendatang.

Mencegah tersedak

Resiko tersedak sangat tinggi untuk anak-anak muda karena mereka mungkin memiliki masalah mengunyah. Cara terbaik untuk menghindari memberikan anak-anak potongan-potongan kecil buah, seperti anggur utuh, sayuran mentah, atau potongan daging, seperti irisan anjing panas, karena mereka bisa bahaya. Sebaliknya, mereka potong-potong kecil atau diiris tipis tongkat, dan anak-anak yang masih sangat muda, rebus dengan baik dan kemudian makanan mash atau bubur. Basah atau makanan juicy mungkin akan terpeleset ke tenggorokan anak tanpa dikunyah dengan baik, sehingga memberikan makanan ini satu per satu.

Melayani ukuran: 1-2 tahun

Anak-anak berusia 1-2 tahun membutuhkan makanan dari semua kelompok makanan, tetapi dengan porsi yang lebih sedikit dan lebih kecil dibandingkan anak yang lebih tua. Untuk setiap kelompok makanan, jumlah porsi harian dan beberapa contoh yang melayani dijelaskan sebagai berikut:

* 4-6 porsi biji-bijian dan produk mereka. Contoh satu porsi termasuk ½ irisan roti gandum atau 1 cangkir sereal.

* 2-3 porsi sayuran. Misalnya, kacang polong 2 sdm, 2 iris mentimun, atau 2 wedges tomat.

* 2 porsi buah-buahan. Sebagai contoh, apel ½ atau 4floz (120ml) jus buah.

* 2 porsi produk susu. Porsi termasuk 4floz (120ml) susu atau 1oz (28g) keju.

* 2 porsi sumber protein. Contohnya termasuk 1oz (28g) daging, ayam, atau ikan, kacang pemula ¼, atau 2floz (60ml) keju cottage.

Contoh Menu: 1-2 tahun

Sarapan

* Wafel mini 2 dengan sirup gula rendah, 4floz (120ml) yogurt berbuah, dan 4floz (120ml) encer jus apel (jus setengah, setengah air).

Camilan

* 1 cangkir salad buah dan 4floz susu (120ml) seluruh

Makan siang

* 1 cangkir makaroni dan keju dengan kacang hijau, 4floz (120ml) susu, dan ½ pisang

Camilan

* Biskuit 2 dan 4floz (120ml) encer jus apel

Makan malam

* 2oz (55g) putih daging ayam dimasak dengan ½ cangkir beras merah, wortel ½ cangkir halus, 2 iris mentimun, dan 4floz (120ml) air

sumber :http://ezinearticles.com/?Nutrition-For-Toddlers&id=2216337

%d blogger menyukai ini: